Linux Live USB

Sistem operasi Linux makin hari makin mudah untuk digunakan, berikut cara – cara membuat Linux Live pada USB :

Berikut bahan yang dibutuhkan :

  1. File ISO dari salah satu Distro Linux
  2. Aplikasi Universal USB Installer 
  3. USB Minimal 2GB

Berikut Langkah – Langkahnya :

  1. Selanjutnya, Dialog box License Agreements dari aplikasi Live USB Installer akan muncul, klok tombol I Agree.
  2. Pada langkah selanjutnya, kita diharuskan memilih file distro Linux apa yang akan kita gunakan, pilih sesuai distro Linux yang ada. Jika distro yang kita gunakan tidak ada dalam daftar, tidak usah khawatir karena kita bisa memilih opsi Try Unlisted Linux ISO yang ada pada pilihan paling bawah.
  3. Selanjutnya, masuk ke bagian pencarian file iso yang akan kita install dengan memilih tombol browse, arahkan ke file iso yang telah kita unduh tadi.
  4. Pada bagian selanjutnya, pilih lokasi USB yang kita gunakan. Jika tidak yakin, kita dapat mencentang pilihan Show All Drives. hati-hati jika memilih bagian ini, karena semua drive yang ada akan ditampilkan termasuk harddisk, jika salah memilih drive yang salah maka isi harddisk akan tertimpa.
  5. Pada langkah selanjutnya terdapat opsi ‘Set a Persistent file size for storing changes (Optional)’, geser bagian ini jika Anda ingin menggunakan ruang yang ada pada USB untuk menyimpan file dan perubahan pada Linux Live yang kita gunakan.
  6. Jika telah selesai klik tombol Create dan tunggu hingga proses selesai. Proses ini sedikit memakan waktu, harap bersabar dan tunggu hingga layar menampilkan tulisan ‘Installation Complete!’

Cara Menjalankannya :

  1. Pasang USB ke Slot USB
  2. Masuk ke Bios Laptop/PC, pastikan system melakukan Booting dari USB
  3. Booting Laptop/PC
  4. Pilih Start Linux
  5. Linux Siap digunakan