Networking Command Line Di linux mempunyai tools diagnostic yang digunakan untuk keperluan konfigurasi dan troubelshooting jaringan yang kita gunakan, sebagian tools itu ada yang sudah terinstall otomatis ketika kita menginstall linux, dan juga ada yang harus menginstall manual.

Berikut command line networking di linux :

1. Ifconfig
Ifconfig merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan informasi mengenai interface jaringan yang kita gunakan, seperti, IP  address, MAC address, MTU (Maximum Transmission Unit) dan lainnya.
Syntax penggunaan : ifconfig

Ifconfig

Ifconfig

2. PING
Ping merupakan salah satu tool yang digunakan untuk mengetahui kualitas koneksi jaringan maupun kondisi jaringan apakah up atau down, baik itu koneksi dari end-user ke gateway atau koneksi dari end-user ke internet, output dari ping akan menampilkan informasi berupa icmp sequence, TTL (Time To Live), packet transmitted and received, packet loss dan waktu yang dibutuhkan paket untuk sampai ke tujuan.
Syntax penggunaan : ping domain_atau_ip address

Ping

Ping

3. TRACEROUTE
Traceroute (Tracert) digunakan untuk menunjukkan rute yang dilewati sebuah paket untuk mencapai tujuannya dengan mengirimkan pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request ke tujuan berdasarkan alamat IP tujuan. Traceroute akan me-list daftar router yang dilalui dan menampilkan informasi router tersebut. Informasi yang diperoleh adalah banyaknya hop (lompatan) yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan lama waktu yang dibutuhkan.
Syntax penggunaan : traceroute domain_or_ip address

traceroute

traceroute

4. NSLOOKUP
Nslookup merupakan tools yang digunakan untuk mengetahui ip addres dari sebuah domain.
Syntax penggunaan : nslookup domain_or_ip address

Nslookup

Nslookup

5. IPCALC
Ipcalc berfungsi untuk mengambil alamat IP, netmask dan menghitung subnettingnya. Di linux kita bisa menginstall ipcalc dengan perintah apt-get install ipcalc
Syntax penggunaan : ipcalc ip address

Ipcalc

Ipcalc

6. ROUTE
Route adalah perintah untuk mengetahui sebuah IP Gateway dalam satu network dalam jaringan anda.
Syntax penggunaan : route

Route

Route

7. Matt Traceroute (MTR)
Matt Traceroute (MTR) merupakan aplikasi atau tool yang berfungsi menggabungkan fungsi program traceroute dan ping sebagai alat diagnostik jaringan. MTR dilakukan dengan cara melakukan ping terus-menerus ke setiap titik jaringan yang dilewati dan melakukan pencatatn dan kinerja dari setiap titik jaringan yang dilewati.
Syntax penggunaan : mtr domain_or_ip address

MTR

MTR

8. NETSTAT
Netstat merupakan sebuah tool yang digunakan untuk menampilkan atau memantau koneksi jaringan komputer yang kita gunakan, baik itu lokal maupun koneksi internet. Perintah netstat akan menampilkan proses yang sedang berjalan berupa protocol yang dipakai, status koneksi dan lainnya.
Syntax penggunaan : netstat

Netstat

Netstat

9. DIG
DIG ( Domain Information Groper ) merupakan sebuah tool yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari sebuah DNS ( Domain Name System) seperti S Record, CNAME, dan lainnya.
Syntax Penggunaan : dig domain_or_ip address

Dig

Dig

Itulah command line networking yang ada di linux yang perlu anda ketahui jika anda ingin mengembangkan ilmu administrasi system anda.
Semoga Bermanfaat !!!