Linux Mint Adalah Linux Terbaik Untuk Kantoran dan Rumah. Linux secara sederhana adalah sistem operasi sebagaimana Windows yang disediakan secara gratis oleh pengembangnya dengan tujuan membumikan sistem operasi yang handal berkualitas dan tanpa biaya untuk mendapatkannya.

Keunggulan Linux Mint

Keunggulan Linux mint adalah anda tidak perlu berurusan dengan download mendownload setelah proses instalasi. Berbeda dengan Linux Mint, anda dapat memainkan file mp3 setelah proses instalasi secara langsung karena codec sudah disertakan dalam Linux Mint. Dan masih banyak lainnya.

Aplikasi Default Bawaan Linux Mint

1. Libre Office

Aplikasi ini sangat penting karena menggantikan Microsoft Office di Linux. Tampilan LibreOffice sangat mirip dengan Microsoft Office 2003 dengan kualis yang lebih mumpuni karena dapat membuka file docx dan juga file doc.

2. Videos

Untuk membuka file video. File video yang dapat dibaca sangat standar video. Bagi anda yang suka memutar filem di laptop kami sarankan untuk menggunakan VLC Linux.

3. Banshee

Banshee adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menjalankan file mp3. Setelah selesai instal Linux anda dapat menguji coba file mp3 anda dengan membukanya melalui Banshee. Menurut opini pribadi, Clementine Music Player lebih baik dari Banshee karena tampilan yang lebih sederhana.

4. Document Viewer (Evince)

Document Viewer adalah aplikasi yang handal yang dapat membaca file PDF, dan DJV. Jika di Windows anda membutuhkan Dejavu Viewer untuk membuka file DJV maka di Linux anda dapat dengan mudah membukanya dengan Document Viewer ini.

5. Archive Manager

Secara default Linux mint telah menyediakan Archive Manager untuk membuka file RAR, TAR, 7ZIP, dan bentuk archive lainnya. Archive Manager adalah WinRAR di Windows dengan kulaitas aplikasi yang sama.

6. Gedit / Text Editor

gEdit atau Text Editor adalah aplikasi Linux yang serupa dengan Notepad di Windows. Akan tetapi fasilitas yang dimiliki Gedit lebih lengkap dan dapat membuka file teks dalam bentuk tab-tab yang bagus.

7. Mozilla Firefox

Di Linux Mozilla Firefox dapat digunakan untuk menjelajah atau surfing website. Jika di Windows ada Internet Explorer maka di Linux ada Mozilla Firefox. Selain Mozilla Firefox, anda dapat menginstall browser lain seperti Google Chrome, Maxthon, Chromium, dan TOR Browser juga Opera.

8. Cheese

Aplikasi Cheese adalah aplikasi Linux yang digunakan untuk mengambil foto dari Camera laptop. JIka di Linux ada Cyberlink maka di Linux ada Cheese yang dapat anda gunakan secara gratis.

9. GIMP Image Editor

GIMP adalah Photosohpnya Linux. Jadi jika anda sudah terbiasa dengan Photoshop cobalah untuk menggunakan GIMP sebagai aplikasi untuk mengedit foto. GIMP mempunyai banyak fasilitas yang mengungguli Photoshop.