Mengetahui dan Memahami Internet of Things, Mungkin anda masih penasaran apa itu sebenarnya Internet of Things. Disini saya akan menjelaskan mulai dari apa itu Internet Of Things, prinsip kerja Internet of Things, Implementasi Internet of Things, dan juga manfaat Internet of Things. Langsung saja kita mulai pembahasannya.

Apa itu Internet of Things ?

Internet of Things adalah merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Pada dasarnya perangkat IoT terdiri dari sensor sebagai media pengumpul data, sambungan internet sebagai media komuniakasi dan server sebagai pengumpul informasi yang diterima sensor dan untuk analisa.
Gagasan Internet of Things pertama kali dikemukakan oleh Ashton pada bulan Juni tahun 1999, seperti inilah komentar beliau :

“Hari ini komputer dan manusia, hampir sepenuhnya tergantung pada Internet untuk segala informasi yang semua terdiri dari sekitar 50 petabyte (satu petabyte adalah 1.024 terabyte) data yang tersedia pada Internet dan pertama kali digagaskan dan diciptakan oleh manusia. Dari mulai mengetik, menekan tombol rekam, mengambil gambar digital atau memindai kode bar.

Diagram konvensional dari Internet meninggalkan router menjadi bagian terpenting dari semuanya. Masalahanya adalah orang memiliki waktu, perhatian dan akurasi terbatas. Mereka semua berarti tidak sangat baik dalam menangkap berbagai data tentang hal di dunia nyata. Dan itu adalah masalah besar.

Dari segi fisik dan begitu juga lingkungan kita. Gagasan dan informasi begitu penting, tetapi banyak lagi hal yang penting. Namun teknologi informasi saat ini sangat tergantung pada data yang berasal dari orang-orang sehingga komputer kita tahu lebih banyak tentang semua ide dari hal-hal tersebut.

Jika kita memiliki komputer yang begitu banyak tahu tentang semua hal itu. Menggunakan data yang berkumpul tanpa perlu bantuan dari kita. Kita dapat melacak dan menghitung segala sesuatu dan sangat mengurangi pemborosan, kerugian, dan biaya. Kita akan mengetahui kapan hal itu diperlukan untuk mengganti, memperbaiki atau mengingat, dan apakah mereka menjadi terbarui atau melewati yang terbaik disini sertan ya!.

Internet of Things memiliki potensi untuk mengubah dunia seperti pernah dilakukan oleh Internet, bahkan mungkin lebih baik. (Ashton,2009)[2]

Penelitian pada Internet of Things masih dalam tahap perkembangan. Oleh karena itu, tidak ada definisi standar dari Internet of Things.[1] Terdapat juga berbagai definisi yang dirumuskan oleh peneliti yang berbeda serta tercantum dalam survei.”

Prinsip kerja Internet of Things

Dasar prinsip kerja Internet of Things yaitu benda di dunia nyata diberikan identitas unik dan dapat di repensentasikan dalam bentuk data di sebuah sistem komputer. Yang awalnya IoT digunakan dengan menggunakan Barcode, QR Code dan RFID, kini IoT sudah berkembang dan dapat diberi pengenal berupa IP address dengan menggunakan jaringan internet supaya bisa berkomunikasi dengan perangkat lain yang memiliki pengenal IP address.

Cara kerja Internet of Things sendiri yaitu dengan memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah argumennya itu menghasilkan sebuah interaksi antar sesama mesin/perangkat yang terhubung secara otomatis tanpa campur tangan manusia dan dalam jarak yang tak terbatas. Internetlah yang menjadi penghubung di antara dua mesin/perangkat tersebut. Sementara manusia hanya bertugas untuk mengawasi dan mengatur bagaimana bekerjanya mesin/perangkat tersebut secara langsung.
Logika sederhananya, misalnya kita ingin mengunci pintu otomatis. Kita mengirim pesan melalui smartphone > diterima perangkat IoT > perangkat Iot memberikan perintah untuk modul selenoid servo > kunci bergerak > pintu terkunci.

Implementasi Internet of Things

Ada banyak implementasi Internet of Things di kehidupan kita. dibawah ini saya memberikan contoh beberapa pengimplementasian Internet of Things.

1. Implementasi Internet of Things di bidang keamanan
Di zaman yang semakin canggih ini, banyak yang sudah menggunakan perangkat IoT untuk mengatur kinerja dari sistem yang ada dalam sebuah infrastruktur komplek. Misalnya terpasang sebuah kamera di jalanan. Sedangkan kita tidak mengerti ruang kontrol atau akses kamera tersebut berada dimana. Perangkat di ruang kontrol/akses dan kamera yang ada di jalanan tersebut menggunakan IP address sebagai pengenal atau penghubung supaya kedua perangkat tersebut bisa saling bertukar informasi dan data.

2. Implementasi Internet of Things di bidang Medis
Penggnaan RFID dan NFC tag yang dipasang pada perangkat medis utnuk memmudahkan pengelolaan dan maintenance alat. Cukup dengan scann maka informasi tentang alat tersebut muncul, pemasangan sensor detak jantung dan sensor yang lain pada pasien yang terhubung ke ruang pusat kontrol untuk memonitor keadaan pasien secara otomatis dan memberikan peringatan jika terjadi hal buruk,sistem pembayaran rumah sakit dll.

Manfaat Internet of Things

Banyak manfaat yang didapatkan dari internet of things. Pekerjaan yang kita lakukan menjadi cepat, mudah, dan efisien. Kita juga bisa mendeteksi pengguna dimanapun ia berada.
IoT bukan hanya menjadikan beban biaya dan resiko dalam membangun dan menggunakan teknologi menjadi ringan. Namun, IoT membuat sistem bekerja sendiri dalam mengelola perangkat apapun. Sehingga keterlibatan manusia diperkecil untuk menghindari terjadinya ‘human error’.

Semoga dengan kalian membaca artikel ini, kalian dapat mengetahui dan memahami apa itu Internet of Things.